Seri Sejarah Dunia, Kuda Troya Bernama Portugal (1)

Indonesian Radio 9 views
Portugal dalam bahasa Persia merupakan nama buah, yaitu jeruk yang rasanya manis, kecut dan sepat. Jika seseorang terserang demam, biasanya satu gelas air jeruk bermanfaat bagi Anda. Karena air jeruk penuh dengan vitamin C.

Prajurit kecil vitamin c sedang duduk di jeruk dan siap memasuki dunia tubuh Anda dan membuat segalanya lebih baik segera setelah Anda membuka kulitnya dan memasukkannya ke dalam mulut Anda. Namun dalam bahasa Inggris, Portugal adalah nama sebuah negara. Sebuah negara di titik barat terakhir Eropa yang mencapai Samudra Atlantik dari Maroko.

Ini adalah episode pertama dari serial podcast "Memories of the World". Kenangan dari bagian paling barat hingga bagian paling timur dunia.

Lima ratus tahun yang lalu, dunia pedagang Portugal persis seukuran jeruk. Mereka hanya mengenal Asia, Eropa dan Afrika Utara dari seluruh dunia dan melakukan pertukaran perdagangan dengan negara-negara besar dan kaya seperti Iran dan Roma melalui darat dan laut. Di seluruh dunia yang hanya setengah ini, setiap kali perang mereda, persaingan para pedagang meningkat.

Orang Eropa tidak dapat memproduksi sutra, kain katun, dan karpet. Mereka juga harus mendapatkan perhiasan dan perkakas baja dari perdagangan dengan negara lain. Bangsawan Eropa menyukai rempah-rempah. Mereka membutuhkan lada, kayu manis, dan cengkeh untuk membuat makanan lebih enak dan mengawetkan makanan. Karenanya, para pedagang harus melakukan perjalanan ke India dan Cina untuk mendapatkan barang-barang ini. Di antara semua barang yang dibutuhkan orang Eropa, rempah-rempah dan sutra lebih penting bagi mereka sejauh mereka mengetahui jalur perdagangan sebagai jalur sutra dan jalur rempah-rempah.

Tentu saja, semuanya tidak berakhir dengan rempah-rempah dan sutra. Raja-raja Eropa berperang dan bersaing satu sama lain dan bahkan di negara mereka sendiri bersaing dengan pemilik tanah besar. Mereka membutuhkan banyak emas untuk semua yang dikejar ini. Kebutuhan yang sama akan emas yang lebih banyak dan tentunya legenda seperti kisah kota "El Dorado" membuat para pedagang Eropa menderita penyakit yang kita kenal dengan sebutan "demam emas".

El Dorado adalah kota legendaris di bagian terjauh di Timur, di mana semua gunungnya terbuat dari emas murni dan bahkan bangunan serta jalannya pun terbuat dari emas. Anak-anak Eropa tumbuh dengan legenda ini dan setiap pemuda Barat bermimpi untuk bepergian ke El Dorado suatu hari nanti, tetapi pangeran Eropa lebih suka berpetualang daripada anak muda lainnya dan bermimpi untuk memerintah El Dorado.

Mungkin salah satu pedagang Eropa pertama yang melakukan perjalanan ke India dan Cina adalah ayah dan paman Marco Polo, seorang pedagang dan pengelana Eropa yang terkenal. Marco Polo bepergian dengan ayah dan pamannya sejak usia tujuh belas tahun dan menulis memoarnya. Deskripsinya tentang istana dan pakaian mewah serta ornamen mempesona dari para raja India dan Cina membuat orang Eropa percaya bahwa El Dorado bukan hanya mitos.

Add Comments